Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Panduan Cara Sukses Berbisnis Sambil Kerja Atau Jadi Karyawan

Bansos.id - Membangun sebuah bisnis atau usaha sambil kerja, apakah bisa??" tentu saja, asalkan Anda tahu caranya membagi waktu dan menjalankan usaha yang tepat. Maka, itu tidak akan menjadi masalah untuk Anda yang memang masih bekerja dengan perusahaan lain.

Memang, umunya dalam sebuah bisnis itu dilakukan secara total, atau fokus ke bisnis. Dengan begitu, kita bisa mengatur dan mengelola dengan baik. Tidak ada salahnya, kalau saat Anda masih bekerja dengan orang lain tapi ingin memiliki bisnis atau usaha sendiri.

Karena bukan tidak mungkin, kalau usaha Anda tersebut jauh lebih mencukupi biaya kehidupan Anda dan bisa membuat Anda menjadi pengusaha. Pasalnya, diluar sana juga banyak pengusaha sukses yang mengawali usaha atau bisnisnya saat masih bekerja atau menjadi seorang karyawan dari perusahaan tertentu. Meskipun awalnya, bisnis yang di bangun adalah bisnis kecil-kecilan, bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk sukses di bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Anda cukup mengetahui terkait bagaimana mengelola waktu, antara bisnis atau usaha sendiri dan menjadi seorang karyawan. Disitulah tantangannya, pasalnya seorang karyawan itu di tuntut untuk mengikuti aturan perusahaan. Jadi, jika apada sekaloi aktifitas atau kerjanya. Tentu saja, Anda akan kesulitan dalam membagi waktu Anda untuk berbisnis.

Tenang saja! Saya akan bagikan tips untuk Anda, tentang bagaimana menjalankan atau membangun sebuah bisnis sambil kerja atau masih jadi karyawan. Anda bisa simak sampai habis tips atau saran yang saya bagikan di bawah ini:

Tips Cara Menjalankan Bisnis Sambil Kerja Atau Jadi Karyawan


bisnis sambil kerja

Ulasan bansos.id ini menjelaskan tentang bagaimana kerja sambil menjalankan bisnis atau usaha. Bisa di sebut juga, panduan sukses berbisnis sambil kerja. Adapun diantara tipsnya sebagai berikut ini:

1. Memilih Jenis Bisnis Atau Usaha Yang Tepat.

Memang sangat sulit atau Anda akan merasa kesulitan untuk menentukan bisnis apa yang bisa di jalankan sambil kerja. Apalagi Anda seorang karyawan yang kerjanya fulltime, sehinga akan sangat sulit membagi waktunya.

Jika dipaksakan pun, itu hasilnya jelas akan kurang baik karena seharian kerja, tentu saat ,alam anda akan merasa kelelahan. Nah, apapila memikirkan bisnis sendiri juga. Anda akan kurang waktu istirahatnya dan bisa-bisa Anda jatuh sakit.

Adakah solusinya??

Anda bisa memilih usaha atau bisnis yang bisa dijalankan paruh waktu atau part time. Tidak perlu bingung, sekarang Anda bisa berbisnis kapan saja dan dimana saja dengan memanfaatkan internet. Sehingga, Anda akan bisa melakukannya saat jam-jam istirahat atau waktu luang Anda.

Ada banyak jenis bisnis online yang cukup menjanjikan, dan bisa Anda jalankan meski Anda seorang karyawan sekalipun. Mulai dari jualan online, menjadi publisher, dan usaha bisnis online lainnya yang tidak menyita banyak waktu Anda, tapi hasilnya lebih besar.''

Itu salah satu saran saya, dan saya lakukan sendiri...

Meski sambil kerja menjadi karyawan, saya bisa menghasilkan lebih besar dari gaji seorang karyawan. Dan saat ini saya sudah full time kerja online atau bisnis secara online. Anda bisa memulainya sekarang juga, karena sayang kalau tidak menjalankan bisnis online juga.

2. Pertimbangkan Untuk Modal Usahanya.

Menjalankan bisnis atau usaha sambil kerja tentu sangat membutuhkan modal usaha yang besar, kerana kita tidak bisa melakukannya sendiri. Sehingga, terkadang kita akan langsung berfikir kalau menggunakan jasa ini dan itu agar bisnis jalan.

Hal tersebut sebenernya tidak perlu dilakukan dulu, karena kita juga masih seorang karyawan dan gaji juga masih pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kita gunakan untuk menggunakan jasa, maka kita akan pusing sendiri.

Itu pengalaman saya, Anda perhatikan soal modal usahanya. Jika memang harus keluar modal untuk pemasarannya, maka pilihlah pemasaran yang tepat. Jangan hanya pikirkan soal ego kita yang kadang ingin langsung memiliki usaha yang besar dan bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat.


3. Mengukur Kemampuan Anda.


Ketika Anda telah memutuskan atau membuat keputusan untuk berbisnis sambil bekerja, maka Anda harus pikirkan juga kemampuan Anda. Karena, membuat keputusan bisnis sambil bejkerja tidak sesulit saat melakoninya. 

Maka bijaklah sebelum benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Ukur kemampuan diri. Sejauh mana Anda mampu membangun bisnis dalam segala pernak-perniknya sambil tetap bekerja. Jangan terlalu dipaksakan, seperti yang saya katakan di awal.. kalau belum bisa membagi aktu adan memang kerjaan fulltime, maka jangan di paksakan untuk membangun bisnis dulu.

Ukur pula bagaimana kemampuan keuangan Anda. Paling tidak, ada pemasukan rutin tiap bulan yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Ukur pula kekuatan modal dan cara mendapatkannya. Apakah dari akumulasi gaji atau melalui pinjaman ke pihak lain.

Hal tersebut saya alami, pernah dalam keadaan sulit, karena uang habis untuk keperluan bisnis yang memang belum bisa menghasilkan penghasilan secara rutin atau hasilnya tidak pasti dapatnya. Sehingga ini bisa menjadi pelajaran untuk Anda, untuk selalu ukur-ukur kemampuan Anda sebelum melakukan sesuatu atau membuat keputusan yang besar.


4. Pahami Kontrak Kerja


Terdapat baiknya Kamu membaca ulang kontrak kerja di industri Kamu. Sebagaimana ketat aktivitas kantor serta kapan waktu liburnya. Perihal ini bertujuan buat membenarkan terdapatnya sela- sela waktu yang bisa digunakan buat aktivitas lain, tercantum membangun bisnis sendiri. Tidak hanya itu, terdapat baiknya tidak membuat bisnis yang mirip dengan pekerjaan utama, sebab dapat dikira kompetitor. Ataupun pada peluang lain, malah bisnis Kamu diklaim oleh industri tempat Kamu bekerja.

5. Jaga Reputasi


Kamu wajib mengerti, walaupun Kamu mempunyai usaha sendiri, tetapi Kamu tetaplah seseorang karyawan yang bisa jadi mempunyai atasan ataupun orang yang memegang jabatan yang sudah berikan pekerjaan serta pendapatan kepada Kamu. Hingga bersikaplah hormat serta senantiasa melindungi kredibilitas pekerjaan supaya reputasi di kantor senantiasa baik.

6. Disiplin


Mempunyai bisnis sendiri sedangkan masih senantiasa bekerja diperlukan fokus serta disiplin. Kedua pekerjaan menanti buat dituntaskan dengan sempurna. Mayoritas karyawan yang mempunyai bisnis sendiri kandas sebab tidak dapat membagi waktu dengan baik. Di sela- sela pekerjaan kantor padat jadwal dengan bisnisnya sendiri. Kesimpulannya keduanya tidak dapat berakhir. Buat itu ketertiban harus dinomor satukan untuk Kamu yang berbisnis sembari senantiasa bekerja.

7. Buat Agenda Berkala


Kamu dapat membuat agenda berkala masing- masing hari, masing- masing minggu serta seterusnya. Sinkronkan antara waktu pekerjaan kantor serta urusan bisnis. Jauhi terjalin benturan diantara keduanya supaya dapat fokus dalam mengerjakannya. Kamu dapat mengaturnya sehabis kembali kantor, di waktu malam, setelah subuh sampai saat sebelum berangkat ke kantor ataupun di waktu yang lain.

Misalnya, Kamu dapat menggunakan waktu libur ataupun weekend buat mengurusi bisnis. Kamu dapat mengecek sekalian mempersiapkan seluruh perihal yang diperlukan sepanjang seminggu ke depan. Dapat pula Kamu pakai buat menemui klien- klien di hari libur.

8. Siapkan Orang Kepercayaan


Supaya ada stabilitas antara pekerjaan utama serta bisnis berjalan dengan baik, Kamu dapat menunjuk orang yang Kamu yakin buat mengelola bisnis. Misalnya Kamu tunjuk selaku manajer. Dapat pula merekrut admin, pramuniaga serta kasir buat senantiasa membuat bisnis Kamu berjalan cocok yang Kamu harapkan.

9. Perizinan Bisnis


Semacam halnya bisnis pada biasanya, hendaknya Kamu mengenakan sah bisnis semacam pajak, asuransi serta sebagainya demi kelancaran bisnis serta proteksi usaha secara hukum.

10. Media Pembelajaran


Dikala jadi karyawan, Kamu bisa belajar gimana metode mengelola bisnis di tempat Kamu bekerja. Gimana metode jadi bos yang baik. Gimana metode mengelola karyawan serta sebagainya. Pakai waktu sebaik- baiknya dikala dipertemukan dengan orang- orang berhasil ataupun kolega industri ternama buat hanya bertanya. 

Nah,, itu;ah saran dan tips dari bansos.id yang bisa Anda terapkan ketika ingin punya bisnis sendiri msekipun sambil kerja. Menjadi seorang karyawan bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan bisnis sendiri dan bukan juga tidak memiliki kesempatan untuk sukses juga.

Anda hanya butuh pengetahuan saja, jika sudah terbiasa membagi waktunya. Maka, Anda akan merasakan berbagai kemudahan serta hasil dari jerih payah Anda selama ini. Anda akan menikmati masa-masa jadi bos dari perusahaan sendiri. 


Semoga cara berbisnis sambil kerja ini bisa menjadi pembahasan menarik dan berbmanfaat untuk Anda yah, jika anda rasa ini bermanfaat untuk teman Anda juga, jangan lupa bagikan ke mereka juga yah. Terimakasih.