Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Harus Tahu! Cara Budidaya Lele Yang Baik Dan Benar Agar Menguntungkan

Bansos.id - Budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha dalam dunia ternak yang sangat menguntungkan, mudah serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun, terkadang banyak yang merasa bingung atau enggan untuk memulainya.

Sebelum Anda memutuskan untuk beternak lele, sebaiknya Anda pelajari terlebih dulu tentang cara ternak ikan lele yang baik dan benar serta cepat menghasilkan.

Dalam budidaya lele, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. "Untuk itu, kami membagikan informasi ini supaya Anda paham tentang cara memulai usaha budidaya lele yang menjanjikan keuntungan yang besar untuk Anda.

Apa yang menjadi daya tarik Anda untuk memulai usaha ternak lele??"

"Sekedar menyalurkan hobi..

"Iseng-iseng...

"Tertarik melihat tetangga , teman atau setelah membaca informasi terkait kisah sukses petani lele??

Apapun alasan Anda, kami sangat mendukung sekali kalau Anda ingin memulai usaha budidaya lele

Ada banyak keuntungan dibalik usaha budidaya lele ini, meski terlihat sederhana. Namun, usaha budidaya lele ini sudah mampu menciptakan banyak orang sukses dan kaya raya dari usaha tersebut.

Keuntungan Usaha Budidaya Lele atau Ternak Ikan Lele

Apa saja sih keuntungan yang bisa kita dapatkan didalam usaha budidaya lele ini, tentunya ada banyak sekali dan berikut ini diantaranya:

  1. Ikan lele lebih tahan di berbagai jenis air, atau tidak mudah mati walaupun airnya keruh sekalipun. Sehingga ini bisa meminimalisir kerugian atau jauh dari kerugian.
  2. Kebutuhan pasar atau peminatnya luas dan banyak, hal tersebut tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan pemasaran setelah panen nantinya.
  3. Tidak membutuhkan lahan yang luas dalam budidaya lele dan bisa mengunakan kolem terpal sebagai medianya.
  4. Perawatan lele sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa kehlian khusus pun bisa.
  5. Pakan iklan lele sangat mudah didapat dan bahkan bisa didapat secara gratis, khususnya yang tinggal dekat kebun, bisa memberi makan dengan daun talas atau sejenisnya.
  6. Tentunya, tidak membutuhkan biaya atau modal usaha yang besar, kita sudah bisa memulai usaha budidaya iklan lele di depan atau belakang rumah Anda.
  7. Cepat panen dan bisa menghasilkan lebih cepat dibandingkan dudidaya atau ternak lainnya, karena umumnya budidaya lele itu 35 hari pun sudah panen atau siap untuk di konsumsi seperti ayam daging, namun ternak ayam daging cukup banyak modal di banding lele serta perawatannya pun tidak semudah membudidaya lele.
Masih ada banyak keuntungan dalam usaha budidaya lele ini, apakah Anda tertarik untuk memulainnya?

"Jika iya, simaklah artikel ini sampai habis dan temukan cara terbaik dalam budidaya ikan lele.

Cara Budidaya Lele Menggunakan Kolam Terpal

ternak lele di kolam terpal


Setiap petani lele, tentunya memiliki cara tersendiri dalam membudidaya lele. Karena memang, lele sangat mudah kita budidaya, meski dengan cara sederhana sekalipun tetap akan menghasilkan.

Nah, Anda juga bisa memilih sendiri cara yang menurut Anda lebih baik, namun saran kami untuk mengunakan media terpal sebagai tempat untuk pembesaran ikan lele.

Anda perlu memperhatikan dalam pembuatan kolam ikan lele dari terpal plastik, salah satunya memperhatikan ukuran kolam dan sesuaikan dengan jumlah lele yang akan di masukan kedalam 1 kolam terpal tersebut. 

Pada umumnya, ukuran kolam terpal untuk lele adalah 2 meter x 0,6 meter, ini untuk 100 ekor ikan lele. Jika lebih dari itu, hal tersebut dapat membuat pertumbuhan atau perkembangan lele bisa terhambat, sehingga hasilnya kurang maksimal.

Dalam pembuatan kolam terpal juga ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menggali tanah hingga seperti kolam dan memasukan terpal kedalam kolam tersebut dan cara kedua yaitu dengan memasang kerangka terpal, kerangka bisa menggunakan bambu, baja ringan , kayu dan sejenisnya sesuai selera Anda.

Setelah pembuatan kolam selesai, isi air secukupnya. Jangan terlalu penuh dan juga jangan terlalu sedikit. Sebelum bibit kita tabur ke kolam, sebaiknya kita diamkan dulu semalam atau 2 malah dan bisa memberikan rumpon untuk bersembunyi lele atau memberikan sedikit rumput untuk menghilangkan bau terpal yang masih baru.

Pilih Bibit Lele Yang Bagus

Ada banyak jenis ikan lele yang perlu Anda tahu, sehingga dalam memilih bibit lele harus lebih jeli. Pasalnya, ada juga bibit lele yang pertumbuhannya sangat lambat atau kurang maksimal untuk di budidaya.

Anda bisa tanyakan ke punjual bibit lele, dan pilih bibit lele yang berkualitas dan cepat menghasilkan kalau di budiodaya. 

Jangan budidaya lele jawa yang memang tidak bisa besar seperti lele dumbo dan ada jenis lele lainnya yang memang bagus sepeti lele sangkuriang dan lainnya.

Pemberian Makan Ikan Lele

budidaya lele


"Anda harus tahu, cara yang terbaik dalam membudidaya ikan lele...

..Walapun terbilang sederhana, namun hasilnya akan berbeda jika Anda asal dalam memberikan makan kepada lele tersebut.

Makanan lele kolam terpal, Anda bisa memberikan pelet terlebih dulu. Anda bisa mendapatkan pakan lele pelet di toko pakan ikan terdekat.

Berikan pakan secara teratur setiap haru 2 kali dalam memberikan lele makan, supaya perkembangannya juga lebih maksimal. 

"Boleh memberi makan lebih dari 2 kali sehari, namun porsinya jangan terlalu banyak. Dan untuk pertumbuhan yang lebih maksimal.

...Anda bisa kasih makan lele tambahan, seperti usus ayam potong, kerang, bekicot dan sejenisnya. Hal tersebut dapat memberikan hasil yang lebih bagus lagi pada pertumbuhan si ikan lele.

Cara ternak lele kolam terpal memang mudah, bisa untuk sampingan juga. Sehingga Anda tidak perlu bingung dan bisa mengatur waktu untuk aktifitas lainnya yang bermanfaat. Jika Anda kerja pun, anda bisa memulai usaha ternak lele juga.

Artikel sebelumnya >>  Ide Jualan Di Bulan Ramadhan Yang Menguntungkan

Mungkin hanya itu saja dulu, pembahasan kali ini tentang cara budidaya lele. Semoga pertumbuhan ukm di indonesia ini bisa lebih maju lagi dan bangkit saat-saat masa pandemi seperti ini.